Hape Anda Lemot, Ini Beberapa Aplikasi dan Cara Menyembuhkan Hape yang Lemot

Hape Anda Lemot, Ini Beberapa Aplikasi dan Cara Menyembuhkan Hape yang Lemot

hape lemot

 

Hape tak lagi menjadi barang mewah di era digital seperti sekarang ini. Hape sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Sama halnya ketika mau tidur dan bangun tidur hal terakhir yang anda lihat dan pertama yang anda cari adalah hape. Kemanapun anda pergi yang dibawa adalah hape yang tidak pernah terlupakan, walaupun lupa pastinya akan pergi untuk mengambilnya kembali.

Hape bagaikan kantong ajaib yang bisa melakukan apa pun, mau makan tinggal pesan lewat aplikasi, mau pergi tidak ada motor malas nunggu angkot tinggal pesan lewat aplikasi, mau bayar sesuatu tidak membawa dompet tinggal buka aplikasi e-Money/transfer lewat e-banking, kangen dengan seseorang ingin ngobrol dengan melihat wajahnya tinggal buka aja aplikasi dan masih banyak yang lainnya. Orang sekarang sangat ketergantungan dengan aplikasi-aplikasi yang ada di hape, ini menyebabkan beban yang ditanggung oleh hape terlalu berat apalagi jika hape yang anda miliki mempunyai kapasitas memory dan RAM yang minim.

Jika beban hape terlalu berat itu cuman akan membuat hape anda lemot, dan ini akan mengganggu aktifitas anda dalam menggunakan hape. Efek jika kapasitas memory hape penuh selain membuat hape menjadi lemot juga bisa membuat hape menjadi panas, aplikasi yang ada di dalam hape menjadi macet, hape reboot sendiri, dan bootlop dimana aplikasi menjadi rusak dan jika gagal menginstal ulang pasca bootlop akan merusak eMMC hape hingga harus melakukan service hardware yang pastinya biayanya lumayan mahal.

Ada beberapa faktor yang membuat hape menjadi lemot antara lain :

  1. Konsumsi dalam penggunaan RAM hape hampir melebihi batas kapasitas, mungkin lebih baik jangan membuka aplikasi berat secara bersamaan jika kapasitas RAM di hape kecil.
  2. Terlalu banyak aplikasi yang terinstal di dalam hape.
  3. Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di hape, terkadang banyak orang yang lupa menutup aplikasi yang telah digunakannya di dalam hape. Hal ini, menyebabkan memory RAM penuh dan hape menjadi lambat.

Cara Menyembuhkan Hape yang Lemot :

  1. Cek kapasitas memory dan RAM yang terdapat di hape kamu, karena setiap hape mempunyai memory dan RAM yang berbeda-beda. Jika anda termasuk orang yang menyukai game online atau mendownload aplikasi-aplikasi yang berat sebaiknya membeli hape dengan memory atau RAM yang luas.
  2. Membersihkan memory hape dengan cara: pilih menu setting/setelan di hape kamu, klik menu aplikasi terinstal, pilih aplikasi cache yang akan di hapus, klik hapus data dan pilih bersihkan cache.
  3. Gunakanlah aplikasi keamanan untuk hape anda, biasanya disetiap membeli hape ada aplikasi keamanan bawaan. Aplikasi ini berfungsi untuk membersihkan berkas cache secara otomatis di hape anda tanpa perlu membuka aplikasi satu persatu yang terdapat di hape anda, meningkatkan kecepatan aplikasi, memindai keamanan hape.
  4. Selain aplikasi bawaan anda juga bisa menginstal aplikasi yang terdapat di playstore seperti aplikasi apps2SD: All in one Tool (Root) dan Clean Master (Boost & Apploock).
  5. Gunakanlah satu aplikasi keamanan dan satu aplikasi anti virus yang terdapat di hape anda.
  6. Kurangi penggunaan Widget, widget sangat berguna untuk memperindah tampilan homescreen di hape kamu, tapi widget juga membuat konsumsi RAM di hape anda lebih besar.
  7. Menutup semua aplikasi yang sedang berjalan.
  8. Hapuslah aplikasi-aplikasi yang mengandung muatan iklan dan aplikasi yang tidak terpakai di hape anda.
  9. Mematikan atau mengurangi animasi yang terdapat didalam hape: pilih menu settings/setelan, aktifkan Developer options€ (menu system, about phone, tap build number sebanyak 7x untuk mengaktifkan), pilih Developer options lagi klik drawing and lalu perkecil nilai windows animation scale, transition animation scale, dan animator duration scale atau bisa dibuat off.
  10. Gunakanlah memory eksternal dan pindahkan aplikasi yang anda download dari playstore dan file ke memory eksternal yang ada di hape anda.

Bagi hampir semua orang hape bukan saja sebagai alat komunikasi tetapi hape juga berubah menjadi kebutuhan pokok untuk kegiatan sehari-hari. Maka dari itu bijaklah dalam penggunaan hape karena sebesar apa pun memory dan RAM yang dimiliki oleh hape anda jika anda tidak bijak dalam penggunaan kapasitasnya itu sama aja akan membuat kinerja hape anda tidak optimal.

Pesatnya kemajuan teknologi sangat meringankan kerja manusia, tapi jangan mau diperbudak oleh teknologi sehingga kita tehanyut dalam dunia online dan melupakan dunia nyata.

kebersamaan yang hilang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *