Fakta Mengejutkan, Ini yang Anda Rasakan Efek Membersihkan Rumah

Sumber:Arsitekindokontraktor

Pepatah mengatakan “bersih pangkal sehat”,dalam upaya menjaga kesehatan anggota keluarga maka rumah yang bersih merupakan sebuah keharusan. sekilas bagi sebagian orang membersihkan rumah adalah aktivitas yang membosankan, namun tahukah anda membersihkan rumah bisa menjadi salah satu alternatif olahraga menggerakkan tubuh supaya tetap sehat serta bonusnya lingkungan sekitar tertata rapi serta menjadi bersih terawat.
Apalagi sekarang ini banyak penyakit-penyakit yang di timbulkan oleh virus ataupun bakteri yang tercampur melalui udara yang kita hirup. banyak contoh penyakit yang di timbulkan karena lingkungan sekitar tidak bersih, seperti: Diare, Alergi Pernafasan, gatal-gatal dan masih banyak lagi. Nah maka dari itu simak beberapa tips mudah dan menyenangkan yang bisa di praktekkan untuk membersihkan rumah:
1. MENYAPU RUMAH DAN SEKITARNYA
Tips pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rumah yang bersih adalah menyapu. sapulah rumah dan sekitarnya minimal satu kali sehari, terutama di pagi hari. apakah harus di pagi hari? jawabannya tidak tetapi alangkah lebih baik jika kita memulai untuk membersihkan rumah pada pagi hari, karena udara pagi pastinya lebih sejuk dan bersih.ingat ya, jangan menyapu hanya di bagian yang terlihat saja tapi sapu sampai kolong dan sudut rumah kalian.

2. MENGEPEL RUMAH

 sumber:doktersehat.com

Tips kedua ini masih ada sambungannya dengan tips yang pertama, karena biasanya setelah menyapu pasti identik dengan langsung mengepel lantai yang sudah di sapu sebelumnya. meski tidak selalu mengepel menjadi urutan setelah kita menyapu, setidaknya usahakan untuk mengepel rumah minimal dua hari sekali. pastikan untuk menggunakan kain atau alat pel yang bersih,untuk mendapatkan lantai yang bersih dan wangi gunakan juga sabun pembersih lantai. fungsi lain dari sabun pembersih lantai adalah menjadikan lantai kesat serta membasmi bakteri yang menempel.

3. MERAPIKAN PERABOTAN Dan MAINAN
Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah menata dan mengembalikan perabotan pada tempatnya. terutama ini untuk para mom yang mempunyai anak kecil pastilah sangat kerepotan untuk mempunyai rumah yang rapi, biasanya anak kecil bermain dan mengeluarkan mainannya setelah itu mereka seringkali lupa tidak mengembalikan dan merapikan ke tempat semula. hal ini lah yang kadang membuat rumah tampak penuh walaupun sudah di sapu dan pel. sedikit tips agar rumah selalu rapi, pastikan ada box atau lemari untuk menaruh mainan anak, sediakan rak untuk menaruh buku atau barang lain, jangan lupa ajarkan pada setiap anggota rumah untuk segera mengembalikan barang ataupun perabotan yang ada di rumah pada tempat asalnya.

4. MEMBERSIHKAN JENDELA
Tips ke-empat adalah membersihkan jendela, jendela seringkali terlewatkan dalam list bersih-bersih harian kita. lap jendela rumah minimal seminggu dua kali, biasanya jendela luar yang paling sering terlihat kotor karena jendela bagian luar adalah tempat menempelnya kotoran, debu dan polusi.adapun langkah-langkah membersihkan jendela kaca yaitu:
– siapkan lap, spons atau alat pembersih kaca yang terbuat dari karet seta air bersih.
– semprotkan sabun pembersih kaca.
– seka kaca jendela menggunakan spons atau alat khusus pembersih kaca,mulai dari sisi kanan sampai dengan seluruh sisi jendela.
– bilas dengan kain bersih yang sudah di basahi dengan air bersih yang sudah disiapka.
– ulangi sampai kaca jendela terlihat bersih yaa.
tidak hanya untuk membersihkan jendela saja,langkah-langkah diatas sebenarnya juga bisa di lakukan untuk membersihkan meja, lemari serta perabotan rumah lainnya.

5. SERING MENGGANTI SEPRAI

sumber:arsitag

Kamar adalah spot di dalam rumah yang paling di sukai, kamar yang bersih, rapi dan wangi haruslah menjadi kriteria wajib untuk sebuah tempat tidur dan istirahat. kebersihan kasur dan seprai sangat penting untuk diperhatikan, usahakan untuk mengganti seprai dan sarung bantal minimal seminggu sekali.jangan malas mengganti seprai karena kuman yang menempel pada seprai yang jarang di ganti bisa membuat kulit kita alergi, seperti timbul rasa gatal dan ruam merah pada kulit. alangkah lebih bagus lagi jika sebelum mengganti seprai gunakan alat vakum untuk menyedot tungau serta debu yang menempel pada kasur.

6. MENJAGA KEBERSIHAN DAPUR

sumber:desairumahterbaru

Tips ke-enam adalah menjaga kebersihan dapur serta perabotannya. biasanya yang paling sering menumpuk di dapur ialah bekas piring, sendok dan gelas kotor. setelah perut terasa kenyang banyak dari kita yang menunda untuk mencuci bekas alat makan, di biarkan menumpuk sampai keesokan harinya. taukah anda alah satu penyebab diare dan gangguan pencernaan adalah dari kebiasaan malas kita untuk langsung mencuci perabotan bekas makan, sisa-sia makanan yang menempel pada perabotan dibiarkan semalaman akan membusuk.untuk menghindari gangguan kesehatan tersebut pastikan setelah makan atau menggunakan perabotan dapur sempatkanlah untuk segera mencuci, mengelap dan tidak lupa mengembalikan pada tempatnya.

7. BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA

sumber:merdeka

Tips terakhir yang paling mudah untuk menjadikan rumah tampak bersih dan sehat adalah membuang sampah pada tempatnya. sediakan tong sampah pada setiap sudut rumah, seperti di kamar tidur, ruang tamu, dapur serta di halaman rumah.lalu pisahkan antara tong sampah organik dan anorganik, kumpulkan sampah dari berbagai sudut rumah dan buanglah ke tempat khusus pembuangan sampah yang ada di daerah kalian. atau sewa petugas kebersihan untuk mebereskan sampah-sampah tersebut setiap harinya.
sekian tips sederhana membersihkan rumah dan menjadikan lingkungan bersih serta nyaman yang wajib untuk di praktekan. silahkan dicoba !!

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *