Efek Dua Mata Pisau, Ini dampak Negatif dan Dampak Positif Handphone

Era modern saat ini gadget atau smartphone merupakan salah satu barang yang hampir dimiliki seluruh kalangan, termasuk anak di bawah umur usia <12th kadang sudah difasilitasi handphone oleh orang tuanya, namun tidak semua orang tua memberikan fasilitas tersebut kepada buah hatinya. Ada juga orang tua yang tidak/belum memperbolehkan putera-puterinya memiliki gadget di usia 12th ke bawah.

Handphone merupakan alat komunikasi yang dapat memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi, baik lokal maupun interlokal. Selain itu saat ini handphone memiliki fitur-fitur canggih yang dapat mempermudah penggunanya untuk mengerjakan tugas serta pekerjaan, memudahkan pengguna untuk mengakses berita, bermain media sosial serta bisa juga memanfaatkan handphone sebagai media untuk berjualan dan tentunya masih banyak lagi.

Berikut Manfaat positif gadget jika di gunakan dengan bijak:

– MEMUDAHKAN ASPEK AKADEMIS
Penggunaan smartphone yang baik dan bijak bagi anak muda khususnya pelajar dan mahasiswa adalah sebagai penunjang yang dapat memudahkan mereka dalam belajar serta mempelajari hal-hal baru melalui kecanggihan teknologi yang tersedia saat ini.

Saat ini bagi para pelajar tidak perlu bersusah payah mencari buku karena sekarang sudah banyak e-book yang di sediakan, apalagi banyak e-book yang dapat diakses gratis. Banyaknya aplikasi atau program perangkat lunak yang tersedia dapat membantu dan memudahkan proses belajar .

– MELATIH KETERAMPILAN MEMBACA DAN MENGETIK
Salah satu manfaat positif dari penggunaan gadget adalah membantu anak untuk mengasah kemampuan membaca dan mengetik mereka. Pada dasarnya ketika anak mulai belajar mengetik pasti mereka juga akan tertantang untuk membaca tulisan yang telah mereka ketik.
Maka dari itu sebagai orang tua tidak perlu kawatir jika putera-puterinya lebih senang belajar menggunakan gadget sebagai media belajar, tetapi catatan sebagai orang tua harus mengawasi serta bijak memberikan waktu untuk anak menggunakan smartphone.

– MEMUDAHKAN KOMUNIKASI
Dengan adanya handphone sangat membantu memudahkan penggunanya untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman dan relasi bisnis. Pengguna dapat terhubung saat itu juga jika ingin menelpon atau berkirim pesan serta mendapat jawaban dengan hitungan detik saja. Ibarat sudah tidak ada pembatas lagi, pengguna di penjuru mana saja dapat terhubung dengan mudah. Adanya aplikasi seperti Whatsapp, Twitter, Skype lebih memudahkan lagi untuk pengguna memberitahukan apa saja, dimana saja dan kapan saja.

– MEDIA BISNIS ONLINE
Manfaat positif yang menguntungkan dari penggunaan gadget ialah sebagai media berjualan online. Menurut penelitian sekarang ini lebih banyak orang memilih berbelanja online, selain lebih mudah juga dapat menghemat waktu. Jadi bagi kalian yang ingin merasakan keuntungan berjualan online dapat memanfaatkan smartphone yang kalian punya untuk memasarkan barang atau jasa.

Banyak sekali Marketplace yang tersedia untuk membantu pengguna gadget menjual barang serta jasanya, seperti Tokopedia, Shopee, Lazada dan banyak lagi. Dilihat dari sisi penjual dapat mudah memamerkan barang jualanya. Cukup dengan bergabung di salah satu aplikasi Marketplace kalian dapat berjualan tanpa harus panas-panasan dan memikirkan biaya untuk menyewa/membeli toko.

– SEBAGAI MEDIA HIBURAN
Padatnya jam kerja pasti membuat sebagian orang merasa jenuh, penat sampai stres. Berbagai aplikasi yang ada di smartphone dapat menjadi salah satu pilihan yang menghibur. Pengguna dapat mendengarkan musik, menonton video, bermain game atau sekedar bermain sosial media dan menonton youtube untuk menghilangkan stres.

Begitu banyaknya manfaat positif dari penggunaan gadget jika digunakan dengan bijak. Ibarat dua mata pisau yang berseberangan, gadget pasti tetap ada efek negatif yang di timbulkan.

Berikut beberapa efek negatif penggunaan smartphone yang perlu di perhatikan:

– KECENDERUNGAN BERPERILAKU ANTI SOSIAL

Contoh negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan dapat membuat penggunanya sampai lupa dengan lingkungan sekitar, mereka cenderung lebih memilih berkomunikasi lewat hp dibandingkan mengobrol face-to-face. Mereka yang kecanduan dengan gadget akan merasa asyik jika berkomunikasi dengan teman online, efek seperti ini yang perlu diperhatikan oleh pengguna agar tidak terlalu sering mengandalkan handphone untuk komunikasi.

– BANYAKNYA BERITA HOAX
Kemudahan mengakses informasi atau berita dari internet juga dapat berdampak negatif bagi pengguna gadget, tidak semua berita yang ada di media sosial itu benar dan jelas sumbernya. Sekarang ini banyak juga oknum-oknum yang dengan sengaja memanfaatkan media sosial untuk menyebarkan berita palsu(HOAX) serta menggiring opini publik ke arah yang negatif terhadap pihak tertentu.

– MEMBUAT MALAS BELAJAR

Efek negatif yang timbul dari penggunaan Smartphone bagi anak/pelajar adalah memberikan efek malas belajar dan melakukan kegiatan sepeti membantu membersihkan rumah. Anak yang sudah kecanduan bermain gadget biasanya lebih senang tidur-tiduran di kamar sambil bermain Hp terkadang sampai lupa waktu, jadi di fikiran mereka hanya Hp saja.

– GANGGUAN KESEHATAN
Kecenderungan bermain gadget baik Hp, Laptop maupun Notebook dapat menyebabkan gangguan kesehatan seperti: mata kering, gangguan pendengaran, obesitas, sakit punggung dan satu lagi penyakit yang dapat timbul yaitu Kanker. Radiasi yang dipaparkan oleh gadget dapat memicu tumbuhnya sel-sel kanker di dalam tubuh kita, alangkah lebih baiknya hindari kebiasaan buruk yang dapat memicu tumbuhnya sel tersebut.

Beberapa kebiasaan yang harus di hindari saat bermain gadget ialah:

  • jangan berlama-lama saat menelepon karena dapat memicu berkembangnya sel kanker pada kepala.
  • hindari juga kebiasaan meletakkan Hp di saku celana atau menggunakan paha sebagai penyangga laptop, hal ini dapat menyebabkan kanker kulit dan bagian tubuh lainnya.

Contoh efek positif dan negatif mengenai penggunaan gadget dan smartphone diatas setidaknya dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua. Mulailah bijak dalam penggunaan Handphone, jangan berlebihan agar terhindar dari efek negatif yang merugikan diri sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *