Detail, ini Ciri-ciri kolesterol tinggi Pada Pria, Wanita dan Berbagai Bagian Tubuh

Kolesterol merupakan salah satu dari tiga penyakit mematikan di dunia,namun di dalaam tubuh sebenarnya memang sangat memerlukan kolesterol sebagai sumber untuk memproduksi hormon seperti: hormon Testosteron, Estrogen dan Kortrisol. maka sebelum itu mari kita pahami dulu perbedaan kolesterol jahat(LDL) dan kolesterol baik(HDL) yang ada di dalam tubuh.

LDL atau Low Density Lipoprotein lebih mudahnya untuk di mengerti sebagai kolesterol jahat. kolesterol tinggi ini menyebabkan pembuluh darah arteri tersumbat, proses penyaluran darah dari jantung menuju seluruh tubuh yang kebanyakan mengandung kolesterol jahat akan menyebabkan penyakit Jantung dan Stroke.

HDL atau High Density Lipoprotein, kolesterol baik ini bertugas untuk membawa kolesterol yang ada di bagian tubuh lain menuju ke Hati. setelah itu Hati memiliki tugas untuk memecah dan menghilangkat zat ini dari tubuh. jadi jika ingin terhindar dri penyakit-penyakit kronis pastikan jumlah HDL di dalam tubuh kita lebih banyak dari pada jumlah LDL.

Sekarang kembali lagi dengan pembahasan bahaya penyakit kolesterol dan apa saja ciri-ciri kolesterol tinggi pada pria maupun wanita, mari kita bahas secara detail.
CIRI-CIRI KOLESTEROL TINGGI:

1. SAKIT KEPALA


Gejala awal di dalam tubuh kita saat kolesterol sedang tinggi adalah sakit kepala, sakit kepala biasanya terjadi karena aliran darah yang mengalir sangat kencang saat melewati pembuluh arteri dan terjadi penyumbatan. Biasanya gejala awal yang di rasakan saat kolesterol dalam tubuh sedang tinggi adalah kepala terasa berat, pusing serta leher sampai pundak terasa pegal dan beberapa bagian tubuh lainnya mudah kesemutan.

2. NAFAS BERAT
Selanjutnya, ciri-ciri kolesterol tinggi yang bisa di rasakan oleh penderitanya adalah nafas terasa berat dan sesak. namun sesak nafas ini berbeda dengan sesak yang di rasakan penderita asma.saat kolesterol sudah menyebar ke dinding pembuluh darah yang dekat dengan paru-paru dan jantung tidak dapat memompa darah secara lancar ke paru-paru, besar kemungkinan akan menimbulkan sesak nafas bagi penderitanya.

3. NYERI PERSENDIAN
Selain 2 ciri-ciri di atas, Nyeri pada persendian juga akan di rasakan oleh penderita kolesterol. biasanya nyeri di sertai linu, bengkak pada sekitar persendian dan juga ruam merah pada kulit yang akan di rasakan saat kolesterol naik, semakin tinggi kadar kolesterol tubuh maka nyeri pada persendian juga akan semakin terasa.

4. MUDAH LELAH
Ciri-ciri lainnya saat Kolesterol dalam darah tinggi adalah penderita akan mudah lelah, tubuh terasa berat dan sering merasa ngantuk. gejala ini terjadi karena tumpukan kolesterol yang sudah menyebar ke seluruh tubuh.

5. GANGGUAN SISTEM PENCERNAAN
Ciri-ciri kolesterol yang harus di waspadai adalah ketika penderita sudah kehilangan nafsu makan, saat penderita sudah tidak nafsu makan tandanya kolesterol sudah menyerang pada empedu. kondisi empedu akan menjadi tidak seimbang, jika di biarkan terus-menerus akan menyebabkan timbulnya penyakit batu empedu.

6. NYERI PADA TANGAN DAN KAKI
Selain menimbulkan rasa nyeri pada tungkak dan pundak, kolesterol tinggi juga dapat menimbulkan rasa nyeri pada kaki dan tangan. rasa yang timbulkan kurang lebih seperti linu, pegal namun terasa sampai kulit, jadi tangan akan terasa berat saat di gunakan untuk beraktivitas.

7. PENYEBAB PENYAKIT JANTUNG
Kolesterol merupakan salah satu pemicu timbulnya penyakit jantung, kadar kolesterol tinggi dapat memperlambat kerja jantung karena darah yang banyak mengandung kolesterol akan memberatkan proses aliran darah ke jantung, sehingga saat jantung memompa darah yang akan di alirkan ke seluruh tubuh menjadi terganggu.

8. MENYEBABKAN STROKE
Penyebab Stroke tidak hanya karena penyakit diabetes saja, stroke dapat terjadi karena kadah kolesterol dalam darah yang tinggi sehingga menyebabkan terganggunya proses aliran darah menuju otak. saat otak kurang menerima aliran darah dan fatalnya jika pembuluh darah pada otak tersumbat maka pasti akan menyebabkan stroke pada penderitanya.

Beberapa gejala diatas juga dapat dialami oleh wanita hamil, sebenarnya ciri-ciri kolesterol tinggi di atas tidak hanya di alami laki-laki atau wanita biasa(tidak hamil). ciri-ciri kolesterol tinggi pada saat hamil juga dapat di rasakan seperti: ibu hamil merasa cepat pusing, kesemutan, nyeri leher, pegal pada tengkuk, nyeri kaki dan persendian, mual dan mudah mengantuk, cepat merasa lelah dan lain sebagainya.

memang benar adanya jika ibu hamil di wajibkan untuk makan banyak untuk membantu memenuhi asupan nutrisi calon bayi, tapi perlu di perhatikan juga jumlah kalori yang d konsumsi, jangan terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak, konsumsi karbohidrat sesuai porsinya saja, perbanyak makan sayur dan buah-buahan, minum air putih dan cukupi kebutuhan protein yang masuk dalam tubuh serta sering-seringlah menggerakkan tubuh atau pilihlah olahraga yang aman bagi kehamilan.

Untuk menjaga agar kolesterol darah pada tubuh tidak tinggi, kurangi makan makanan jukn food, makanan berlemak jenuh dan sering-seringlah berolahraga serta cukupi kebutuhan asupan gizi seimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *