Buat Wanita Kantoran dan Sibuk, Tips Membuat Sarapan Sehat, Cepat Tanpa Bangun Pagi Banget

01

Sarapan adalah salah satu kegiatan yang sangat penting dilakukan ketika pagi hari. Sarapan memang sangat penting untuk tubuh supaya tubuh bisa berfungsi dengan baik sebelum melewati aktivitas seharian penuh. Saat anda sarapan tubuh Anda sudah terpenuhi kebutuhan gizi hariannya sekitar 15 sampai 30 persen. Awalilah pola makan yang baik dengan sarapan, karena dengan sarapan Anda bisa menghindari ngemil dan makan siang yang berlebihan yang justru akan meningkatkan kadar lemak di dalam tubuh Anda.

Tips sarapan

  1. Porsi sarapan yang baik itu antara 300 kkal sampai 600 kkal yang wajib masuk kedalam tubuh Anda di pagi hari. Kalori tersebut tergantung dengan BMR (Basal Metabolic Rate) atau yang lebih sering disebut dengan jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh Anda per hari. Untuk menghitung jumlah kebutuhan BMR, Anda bisa menggunakan timbangan Tanita atau bisa googling di internet. Pastikan jumlah sarapan yang Anda makan itu bisa menunjang aktivitas sehari-hari dan kalorinya juga tidak melebihi dari jumlah kalori yang sudah ditentukan. Jika kalori yang masuk dalam tubuh anda lebih besar dari kebutuhan tubuh Anda maka kelebihan tersebut akan mengendap di dalam tubuh Anda sebagai lemak. Jika kalori Anda per hari sebesar 2.100 kkal berarti kebutuhan sarapan Anda per hari adalah 400 kkal saja, jangan lebih dari itu ya..,
  2. Utamakan kandungan gizi yang terdapat pada sarapan Anda, bukan banyaknya sarapan yang masuk ke dalam tubuh Anda setiap paginya.
  3. Mengukur porsi sarapan ideal

Sarapan yang ideal untuk tubuh Anda harus mengandung beberapa gizi penting yang dibutuhkan oleh tubuh Anda yaitu :

  • Karbohidrat, (roti gandum, nasi merah, atau oatmeal)
  • Lemak, (lemak tak jenuh seperti kacang-kacangan)
  • Protein, (telur atau daging tanpa lemak)
  • Vitamin dan mineral, (sayur dan buah-buahan)
  • Serat, (sayur dan buah-buahan)
  • Air

Selain itu, cobalah untuk membagi isi makanan di piring Anda menjadi empat bagian yaitu bagian pertama isi dengan karbohidrat kompleks. Bagian kedua isi dengan lemak tak jenuh. Bagian ketiga isi dengan protein. Bagian keempat isi dengan vitamin, mineral, dan serat. Terakhir usahakan minum air putih setelah sarapan.

Tips membuat sarapan pagi

  1. Sudah tau apa yang akan dimasak untuk sarapan nanti
  2. Bangun lebih awal
  3. Menyiapkan bahan sarapan buat esok hari di waktu malam hari, dapat disimpan di kulkas atau frezer.
  4. Menyediakan stok bumbu-bumbu pelengkap atau Anda bisa membuat bumbu-bumbu dasar yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, merica, dan penyedap, haluskan dan simpan di kulkas.
  5. Selalu sediakan bahan makanan di rumah seperti: telur, roti tawar, roti gandum, oatmeal, susu, selai, dll

Bagi Anda wanita karir usahakanlah sebelum berangkat ke kantor sarapan terlebih dahulu. Karena dengan sarapan dapat meningkatkan produktivitas Anda di kantor. Menu sarapan yang bergizi yang masuk kedalam tubuh Anda ketika pagi hari mampu menyegarkan otak sehingga bisa tanggap dan tidak cepat lelah terutama bisa lebih menaikkkan konsentrasi. Nah, manfaat sarapan sangat banyak bukan? Karena itulah usahakan mulai hari ini tidak meninggalkan sarapan lagi ya. Berikut saya akan membagi beberapa tips sarapan pagi sehat cepat dan resep sarapan pagi wanita kantoran.

Tips sarapan pagi sehat cepat :

  1. Siapkan buah-buahan untuk membuat smoothie, pada malam hari anda bisa memotong buah yang akan Anda jadikan smoothie. Potongan buah tersebut dapat disimpan di dalam frezer terlebih dahulu supaya pagi harinya mudah untuk mengolahnya.
  2. Sediakan beberapa selai roti, susu kental manis, maple syrup, dan madu.
  3. Menyiapkan roti isi selai dimalam hari lalu simpan didalam kulkas, untuk dibuat roti panggang pada pagi harinya.
  4. Menyimpan adonan pancake ke dalam botol.
  5. Membawa bekal ke kantor jika tidak sempat sarapan dirumah.
  6. Nasi goreng
  7. Membuat salad buah atau sayuran

02

Resep sehat sarapan pagi wanita kantoran

  1. Smoothies pisang, strawberry, alpukat, mangga atau sayuran
  2. Omlet
  3. Telur orak arik sayur
  • Bahan: 1 butir telur, 1 siung bawang putih, sayuran sesuai dengan selera, garam secukupnya, dan margarine secukupnya.
  1. Sosis mie
  • Cara membuat: siapkan sosis dan mie yang sudah direbus secukupnya, potong sosis menjadi 2 bagian, lilit setiap sosis dengan mie dan goreng hingga matang.
  1. Sandwich
  2. Sop Ayam
  3. Sereal dan susu rendah lemak
  4. Pancake
  5. Oatmeal buah dan susu rendah lemak

Bagi Anda tipe orang yang tidak suka bangun pagi atau mungkin bangunnya kesiangan, Anda tetap bisa sarapan kok atau mungkin Anda juga termasuk orang yang malas untuk menyiapkan sarapan? No, usahakan tetap sarapan ya, karena SARAPAN ITU PENTING, ingat ya, SARAPAN ITU PENTING. Berikut saya akan kasih tau beberapa tips sarapan pagi untuk orang malas dan bahkan sarapan pagi bagi Anda yang sering bangun kesiangan.

  1. Telur Ceplok
  2. Beli roti yang sudah ada selai atau isian didalamnya
  3. Minum air putih
  4. Sereal
  5. Smoothies
  6. Jus buah
  7. Beli sarapan di warung

Sarapan itu penting bukan hanya bagi tubuh, tetapi juga untuk perasaan Anda karena sarapan itu lebih baik dari harapan. Semua sarapan yang masuk di dalam tubuh tidak mungkin sepalsu harapan., eeeaaaa., Jangan lupa sarapan za..,

Cintai tubuh anda mulai dengan memasukkan nutrisi ke dalam tubuh anda dipagi hari.

Salam hidup sehat..,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *