Berkunjung ke Semarang, Jelajahi 5 Tempat Wisata Seru Yang Mengasyikkan ini. (1)

Jika menyebut nama kota Semarang, maka yang terlintas di benak kita adalah ibu kota Jawa Tengah yang terkenal dengan makanan khas lunpia. Selain letaknya yang strategis, kota ini juga memiliki banyak tempat wisata yang menarik. Dari wisata sejarah, budaya, alam hingga wisata kekinian dengan berbagai spot foto yang menarik.

Jika anda merencanakan liburan ke kota Semarang, maka luangkanlah waktu beberapa hari untuk menjelajah dan berpetualang di berbagai tempat yang menarik. Tak perlu khawatir, karena ada banyak tempat wisata pilihan yang tak kalah indah dibandingkan dengan kota Solo maupun Jogjakarta.

Inilah tempat wisata di Kota Semarang yang indah

  1. Lawang Sewu

Lawang Sewu dalam bahasa Jawa apabila diterjemahkan berarti seribu pintu. Faktanya jumlah lubang pintu di Lawang Sewu hanya 429 buah, dengan daun pintu lebih dari 1.200 (beberapa pintu memiliki dua daun pintu, bahkan empat daun pintu). Dibangun pada tahun 1940 dan menjadi gedung pemerintahan NIS pada jaman penjajahan Belanda. Pada jaman penjajahan Jepang sempat menjadi penjara bagi para pejuang sehingga pada beberapa tahun yang lalu tempat ini selain menjadi tempat wisata sejarah juga menjadi tempat wisata mistis bagi pencari ketegangan.

Lawang Sewu mulai berbenah sehingga kesan angker menjadi sirna. Bahkan sekarang ini jika berkunjung ke sini ada beberapa calon pengantin yang sedang melakukan foto pre-wedding. Bangunan dengan gaya Eropa ini memang megah dan anggun.

Anda dapat berkunjung ke Lawang Sewu hanya dengan membayar tiket masuk 5.000 rupiah untuk anak-anak dan 10.000 rupiah untuk dewasa. Juga disediakan jasa pemandu wisata yang akan menjelaskan dengan detail sejarah bangunan ini.

Terletak di jalan Pemuda yang merupakan pusat kota, anda dapat dengan mudah mencapai tempat ini dengan jasa angkutan umum atau kendaraan pribadi.

2. Klenteng Sam Po Kong

Buka mulai pukul 08.00 dengan harga tiket yang sangat terjangkau yaitu 5000 rupiah anda dapat menikmati bangunan indah yang didirikan oleh laksamana Ceng Ho. Klenteng ini dipergunakan sebagai tempat ibadah juga tempat wisata dengan nuansa Cina. Banyak sekali spot foto yang menarik. Anda dapat mengunjungi hingga malam hari karena tutup pada pukul 10 malam.

Pada abad ke 14, seorang Laksamana Tiongkok yang bernama Zheng He / Cheng Ho berlayar ke Indonesia dan ada ombak besar yang menghanyutkan kapal Cheng Ho sehingga terdampar di daerah Simongan yang saat ini menjadi jalan masuk menuju klenteng. Klenteng ini dibangun karena pada waktu itu banyak warga keturunan Tionghoa yang bersinggah di tempat ini, sehingga Laksamana Cheng Ho membangun rumah ibadah yang bisa digunakan bersama, menghormati warga Tionghoa dan juga dapat digunakan untuk beribadah umat muslim.

Alamat Jl. Simongan No.129, Bongsari, Semarang Barat, Kota Semarang,

3. Gereja Blenduk dan Kawasan Kota Lama

Gereja Blenduk merupakan bangunan untuk beribadah bagi umat beragama Kristen yang dibangun pada tahun 1753. Bangunan ini terletak di kota lama Semarang yang berjejer dengan bangunan lama masa kolonial Belanda. Walaupun usia bangunan sudah tua, namun fungsinya masih tetap sama, yaitu untuk beribadah.

Beberapa kali ditemui pasangan muda-mudi yang melakukan foto pre-wedding di lokasi ini.

Bangunan di sekitar gereja mempunyai ciri khas arsitektur bergaya Eropa. Tak heran jika malam minggu, banyak sekali masyarakat yang berkunjung di kawasan ini untuk wisata kuliner maupun sekedar swa foto.

Alamat Jl. Letjend. Suprapto No.32, Tj. Mas, Semarang Utara, Kota Semarang,

4.Masjid Agung Jawa Tengah

Lokasinya di Jalan Raya Gajah Semarang, mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.  Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) ini merupakan salah satu masjid termegah yang ada di Indonesia. Dibangun di atas tanah seluas 10 hektar, MAJT ini memiliki 6 payung elektrik dengan ukuran raksasa serta tower dengan tinggi 99 meter, dan kita bisa memandang landscape kota Semarang dengan indah dari tempat ini.

Kompleks bangunan MAJT Semarang ini selain berfungsi sebagai masjid, juga telah menjadi satu destinasi wisata religi di Semarang dan Jawa Tengah. Untuk anda yang dari luar kota dan berencana menginap di kawasan masjid agung Jawa Tengah tak perlu kuatir karena tersedia penginapan di dalam kompleks masjid yaitu hotel Graha Agung.

Memiliki perpaduan arsitektur dari Romawi, Yunani, Jawa dan Islam membuat masjid ini selain indah dan megah juga sangat unik.

5. Simpang Lima

Di lokasi ini anda dapat jalan-jalan bersama pasangan, nongkrong bersama teman atau selfi. Buka selama 24 jam sehingga jantung kota Semarang ini selalu ramai dan tak pernah tidur. Di taman ini juga tersedia lapangan basket sehingga anda bisa bermain basket serta mini play ground. Tak perlu khawatir jika setelah jogging atau sekedar nongkrong lalu merasa lapar. Anda dapat menikmati berbagai makanan yang ada di dekat tempat ini. Mulai dari soto, bakmi, nasi goreng, nasi pecel atau seafood tersedia di kawasan simpang lima.

Sudah menentukan jadwal berkunjung ke Semarang dan tertarik menjelajahi kelima tempat tersebut ya. Selamat bersenang-senang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *