Berbagai Manfaat Ajaib Jus Melon dan Variasi Campurannya

Sumber: Female.com

Buah melon merupakan salah satu buah yang sering di cari, selain karena rasanya yang manis, buah ini juga bisa di sebut sebagai buah yang merakyat. selain harganya yang bersahabat, buah ini juga mudah di dapatkan baik di pasar maupun modern market.
banyak sekali jenis buah melon seperti: Golden Melon, Rock Melon, Japanese Cantalopue, Cantalopue, Persian, Canary dan masih banyak lagi. khususnya di indonesia golden melon dan rock melon yang banyak mendominasi pasar, banyak petani yang memilih dua jenis melon tersebut untuk. selain untuk camilan sehat yang menyegarkan, melon juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan karena mempunyai kandungan vitamin A, vitamin C dan antioksidan tinggi.berikut beberapa manfaat buah melon ataupun jus melon:

BAIK UNTUK PENCERNAAN
Buah melon mengandung serat yang bagus untuk pencernaan. dengan kandungan air yang banyak,rutin mengkonsumsi jus melon pada malam hari sebelum tidur dipercaya dapat membantu membersihkan kolong-kolong usus serta melancarkan BAB pada pagi harinya, saat pencernaan sehat maka kita bisa terhindar dari sembelit dan perut begah.

SEBAGAI ANTIOKSIDAN
manfaat lain dari buah ini adalah sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas serta bahaya dari paparan sinar UV bagi kulit, kandungan vitamin C yang ada dalam buah melon dapat juga meningkatkan imun tubuh sehingga membantu tubuh tetap Fit setiap harinya.

BUAH PENDAMPING DIET
Seringkali kita terlalu menggebu-gebu menurunkan berat badan, namun lupa memikirkan asupan gizi yang dipelukan tubuh. bayak yang menjalankan diet no karbo, no buah, no sayur tetapi hanya boleh makan daging serta lemak hewani. sebenarnya tidak masalah ikut trend diet yang seperti apa, namun alangkah baiknya untuk tetap mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan sebagai penyeimbang.
salah satu buah yang tepat dikonsumsi saat diet adalah buah melon, dengan kandungan vitamin A, vitamin C, kandungan air yang tinggi serta serat. mengkonsumsi jus melon dapat membantu melancarkan pencernaan kita, saat BAB menjadi lancar maka tubuh akan cepat bereaksi untuk melunturkan lemak jahat yang bersarang pada tubuh. hal ini lah yang membantu proses penurunan berat serta membantu merampingkan perut dengan cara alami dan tentunya menyehatkan.

MEMBANTU MENURUNKAN HYPERTENSI
hypertensi atau biasa di sebut darah tinggi adalah salah satu penyakit yang wajib di waspadai. sebab tak jarang banyak kasus kematian yang timbul akibat darah tinggi yang efeknya bisa samai stroke bahkan kematian. bagi anda penderita Hypertensi tak perlu risau, kalian dapat memanfaatkan buah melon sebagai obat. buah-buahan yang mengandung banyak air bisa menekan tekanan darah agar tidak terus naik, cukup dengan mengkonsumsi buah melon atau jus melon misalnya.

Sumber: Masazat.com

Resep mudah untuk membuat jus melon adalah, cukup dengan siapkan 4-6 potong buah melon yang telah di kupas, lalu campurkan air dan sedikit gula. gula hanya opsional saja ya, lebih baik memilih melon yang manis untuk di jadikan jus tanpa pemanis tambahan.
Jika kalian bosan atau kurang suka dengan jus melon yang biasa, kalian juga bisa mencampurkan bahan-bahan lain untuk dapat menikmati segarnya jus dengan variasi lain.
Berikut Tips membuat variasi jus melon yang berbeda:

  • siapkan 4 potong buah melon hijau atau melon kuning
    tambahkan 2 sdm susu kental manis
    sedikit perasan jeruk nipis
  • Jus Melon Mix Lemon
    siapkan 4 potong buah melon
    tambahkan 2 sdm susu kental manis
    sedikit perasan jeruk Lemon
  • Jus Melon Mix Nanas
    siapkan 3 potong buah melon
    Tambahkan sedikit air dan Gula secukupnya
    2 potong Buah Nanas
    4 sdm susu kental manis
  • Jus Melon Mix Granola dan Chia Seeds
    Blender buah melon kira-kira 6 potong
    berikan sedikit perasan air jeruk nipis
    tambahkan sedikit air dan Madu saat di blender
    Tuang pada mangkuk
    tambahkan 3 sdm Granola dan 1sdm Chia seeds

TIPS MEMILIH MELON YANG MATANG DAN MANIS
pertama, yang bisa kita lakukan saat memilih melon adalah di lihat dari beratnya. menurut saya melon yang sudah matang jika diangkat akan terasa berat di banding melon yang masih muda atau belum matang sempurna.

kedua, cara termudah membandingkan buah melon satu dengan yang lainnya adalah dengan mencium bau dari buah tersebut. jika aroma dari buah melon sudah tercium kuat maka artinya buah itu sudah matang dan manis.

ketiga, perhatikan kulit luarnya. jika jaring-jaring kulitnya terasa kasar dan padat, kemungkinan besar melon tersebut siap di konsumsi.

Demikian tadi manfaat-manfaat buah melon bagi kesehatan, silahkan di coba dan rasakan sendiri manfaatnya. Thank you

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *