Berapa Berat Badan Ideal Anda, Hitung dan Ketahui Dari Sini

Memiliki berat badan ideal merupakan dambaan setiap wanita. Banyak kaum hawa yang bersedia melakukan apa saja untuk menurunkan berat badan dengan cara yang biasa atau wajar hingga cara ekstrim, seperti mengatur pola makan, olahraga, minum obat pelangsing, hingga sedot lemak. Banyak jalan menuju ke Roma, pepatah bilang, begitu juga banyak cara agar mencapai berat badan ideal. Namun yang harus diperhatikan adalah jika semua itu bertujuan untuk menunjang penampilan, maka jangan sampai Anda mengabaikan kesehatan. Diet ketat dengan mengurangi porsi makanan secara drastis bisa berujung memperburuk kesehatan. Tentu saja Anda tidak menginginkan hal ini terjadi, bukan?

Menghitung Berat Badan Ideal

Ada beberapa cara untuk menghitung berat badan ideal. Yang sering menjadi ukuran adalah tinggi badan (cm)-110. Namun cara ini dirasakan belum tepat. Ada satu cara yang bisa digunakan yaitu dengan menghitung indeks massa tubuh (IMT). Perhitungan IMT tidak hanya menunjukkan berat badan yang ideal namun juga rentang berat badan ideal dan memperkirakan apakah Anda mempunyai risiko masalah kesehatan yang disebabkan oleh kekurangan atau kelebihan berat badan.

Dengan rumus IMT ini Anda dapat mengetahui apakah berat badan Anda sudah ideal, masih kurang, kelebihan atau gemuk, atau jutsru sudah obesitas. Berikut ini rumus IMT

IMT = BERAT BADAN (KG) : BERAT BADAN (KG) X TINGGI BADAN (M)

Setelah Anda mengetahui berat nilai IMT Anda dapat melihat hasilnya. Pengelompokkan IMT dibagi menjadi 4 kategori ;

  1. IMT berada di angka 25 Anda mengalami obesitas
  2. IMT berada di angka 23-24,9 berarti Anda memiliki kelebihan berat badan atau gemuk
  3. IMT berada di angka 18,5-22,9 Anda mempunyai berat badan ideal
  4. IMT berada di angka di bawah 18,5 Anda memiliki berat badan di bawah normal atau kurus.

Kurus VS Gemuk

Orang yang memiliki berat badan di bawah normal atau kurus berisiko terhadap gangguan kesehatan pada metabolisme tubuh. Selain itu juga dapat menganggu tingkat kesuburan, terutama pada pria dengan mengakibatkan turunnya jumlah sperma. Jika pada wanita akan mengalami masalah gangguan kesuburan dan kehamilan. Jangan menganggap remeh masalah kekurangan berat badan karena hal ini juga akan berpengaruh pada kekebalan tubuh Anda dalam melawan bakteri dan virus yang menyerang. Dampak negatif lainnya jika tubuh terlalu kurus adalah terserang anemia dan osteoporosis

Orang yang memiliki kelebihan berat badan juga berisiko terhadap gangguan kesehatan seperti serangan jantung, diabetes hingga stroke. Jadi memang yang paling baik adalah memiliki berat berat badan normal atau ideal.

Mengatur Pola Makan

Ada banyak cara menurunkan berat badan melalui pengaturan pola makan. Akhir-akhir ini dikenal dengan berbagai macam diet seperti ketofastosis, diet mayo, diet GM atau general motor, diet FC atau food combining dan masih banyak lagi jenis diet yang beredar di masyarakat. Beberapa diet yang ada menganjurkan cara menurunkan berat badan dengan mengurangi makanan rendah lemak dan lebih banyak mengkonsumsi makanan tinggi lemak dan protein. Sedangkan beberapa diet yang lain memperbolehkan Anda makan apa saja yang Anda sukai dan stop makanan atau mulai puasa beberapa jam atau dalam 2 hari di setiap minggunya. Setiap pola diet yang beredar barangkali cocok bagi beberapa orang namun tidak cocok bagi beberapa orang yang lainnya. Jangan merubah pola makan terlalu drastis karena juga akan berpengaruh terhadap metabolisme tubuh.

Memiliki berat badan ideal memang dapat menunjang penampilan lebih menarik. Sedangkan memiliki berat badan kurang atau justru berlebih selain dapat mengurangi rasa percaya diri terhadap penampilan, juga dapat menganggu kesehatan. Pilih diet yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan bila perlu konsultasikan kepada ahli gizi atau dokter. Jangan sampai niat Anda ingin sehat justru menyebabkan sakit karena salah dalam mengatur pola makan. Sehat dan memiliki berat badan ideal adalah harapan setiap orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *