9 Tips Sederhana Tapi Ampuh Membersihkan Layar HP

Handphone merupakan salah satu barang yang hampir tidak pernah lepas dari genggaman kita. Dalam sehari kita bisa menghabiskan waktu lebih dari 8 jam dalam menggunakannya.
Begitu banyaknya fungsi dan kegunaan handphone bagi pekerja, pelajar maupun orang awam. Memudahkan untuk berkomunikasi saling memberi kabar untuk yang berjauhan, mengabadikan momen melalui aplikasi kamera atau video yang ada di hp, sebagai alat yang dapat memudahkan untuk mengakses informasi serta bisa digunakan sebagai alat untuk belajar apapun, bermain game dan masih banyak lagi manfaat-manfaat baik dari handphone atau gadget.
Nah, setelah kita tahu dan merasakan sendiri betapa pentingnya smartphone dalam kehidupan sehari-hari, jangan lupa juga untuk memperhatikan kebesihan dan efek dari Hp itu sendiri. Terkadang kebiasaan buruk yang tanpa disadari sehabis memegang makanan, meja yang berdebu, atau barang-barang lain suka langsung memegang handphone tanpa cuci tangan terlebih dahulu. Hal-hal sepele itu yang bisa membuat smartphone berminyak dan terlihat kotor. Simak tips sederhana di bawah ini!

TIPS AMPUH BERSIHKAN LAYAR HP
Berikut beberapa tips memilih alat dan bahan yang aman untuk membersihkan Handphone dari minyak, debu dan goresan.

1. PASTA GIGI

Cara pertama yang bisa dicoba adalah menggunakan pasta gigi. Ada yang sudah mencoba memanfaatkan pasa gigi untuk membersihkan dan menghilangkan goresan pada layar ponsel??
Caranya membersihkan handphone mudah sekali, kita hanya perlu menyiapkan sedikit pasta gigi (non Gel) lalu siapkan juga kain yang berbahan lembut. Oleskan sedikit pasta gigi/odol yang sudah kita siapkan pada kain, gosok-gosok perlahan pada layar hp sampai terlihat bersih dan goresan memudar.

2. AIR BESIH
Cara kedua ini sangat simpel dan mudah sekali didapat karena kita hanya membutuhkan air bersih. Caranya siapkan air bersih terlebih dahulu, kalau bisa airnya di masukan ke botol semprot terlebih dahulu. Setelah itu semprotkan pada kain lembut, mulailah dengan gerakan memutar sampai layar ponsel terlihat bersih. Mudah dan sederhana, kan?

3. KAIN MICROFIBER

Ketiga, kita dapat memanfaatkan kain microfiber atau biasa disebut kain pembersih lensa kacamata untuk membersihkan layar ponsel. Jika kalian tidak punya kain microfiber cukup gunakan kain yang berbahan lembut dan pastikan kain dalam keadaan bersih, ya. Caranya cukup dengan mengusapkan secara perlahan pada layar HP. Apakah harus kain lembut? Jawabannya adalah “iya” harus kain berbahan lembut supaya pada saat digunakan untuk membersihkan ponsel dari debu, kain tidak merusak layar HP.

4. CAIRAN KHUSUS PEMBERSIH LAYAR

Zaman sekarang pasti sudah banyak yang tau dan mendengar cairan khusus pembersih layar, cairan ini marak dijual di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau dan tersedia dengan berbagai merk serta ukuran. Cairan ini diproduksi menggunakan bahan kimia khusus yang tentunya aman untuk layar HP ataupun Laptop. Cara menggunakannya sangat mudah, tuang atau semprotkan cairan tersebut pada kain lembut setelah itu usapkan pada layar smartphone sampai terlihat bersih. Cukup praktis, kan?

5. MINYAK KAYU PUTIH

Selanjutnya bahan yang sering kita temui dan bisa dimanfaatkan untuk membersihkan ponsel adalah Minyak Kayu Putih. Serius? Iyaa benar, minyak kayu putih selain bermanfaat untuk mengurangi masuk angin, dapat juga digunakan sebagai bahan pembersih layar. Caranya mudah sekali. Tuang sedikit minyak kayu putih merk apa saja pada kain lembut, setelah itu usapkan ke layar ponsel. Dijamin hasilnya bersih karena minyak kayu putih ini selain dapat mengangkat debu, juga mampu membersihkan bekas sidik jari dan minyak yg menempel pada layar Hp kalian.

6. MEMANFAATKAN SOLASI

Tips keenam untuk membersihkan layar HP adalah menggunakan solasi atau solatip. Sebenarnya ada beberapa alat atau produk di sekitar kita yang bisa digunakan untuk hal lain selain fungsi utama dari produk tersebut. salah satunya adalah solatip/solasi memiliki fungsi utama sebagai alat perekat, namun jarang disadari solasi juga bisa digunakan untuk membersihkan ponsel. Caranya: rekatkan solasi seukuran panjang layar HP kalian, tunggu beberapa detik dan lepaskan solasi yang ada dilayar secara perlahan. Perlu diingat jika anda menggunakan cara ini, harap lebih berhati-hati pada saat melepaskan solasi dari ponsel ya!

7. GEL HANDWASH DAN AIR

Handwash atau Hand Sanitizer adalah produk pembersih tangan instan. Produk ini digunakan sebagai pengganti air untuk membersihkan sisa makanan yang menempel di tangan. Tak hanya itu, fungsi lain dari gel pembersih ini ialah untuk membersihkan HP. Penasaran caranya? Mudah sekali, campurkan gel pembersih sekitar 40% dengan perbandingan air 60% ke dalam botol semprot. Setelah kedua bahan tercampur rata, kemudian semprotkan pada kain terlebih dahulu sebelum diusapkan ke layar ponsel yang berminyak dan kotor. Silahkan di coba 🙂

8. MENGGUNAKAN COTTON BUD
Alat pembersih telinga yang satu ini bisa juga digunakan untuk membersihkan HP, terutama di sela-sela handphone. Dari bentuknya yang kecil serta terdapat seperti kapas pada ujungnya, semakin memudahkan kita untuk membersihkan layar dan sela ponsel.
Berikut cara yang bisa anda praktekkan: siapkan 2-3 batang cotton bud, masukkan ujung cotton bud ke dalam sedikit air. setelah itu usapkan pada layar dan sela-sela ponsel. Ingat, pastikan cotton bud dan air yang kalian gunakan dalam keadaan bersih. Anda sudah mencobanya?

9. GUNAKAN TISSUE BASAH

Tips dan bahan terakhir yang dapat kita manfaatkan untuk membersihkan layar dan casing Handphone adalah Tissue Basah. Selain karena memang manfaatnya sebagai pembersih debu pada kulit, tissue basah ini juga bisa digunakan untuk membersihkan ponsel karena tissue basah mengandung bahan anti Bakterial. Jadi dapat dipastikan juga bisa membasmi bakteri-bakteri yang menempel pada Handphone.

Sekian ulasan mengenai cara membersihkan handphone dan alat serta bahan-bahan yang aman digunakan. Selamat mencoba 😉

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *