5 Olahraga Yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Bagi wanita, memiliki berat badan ideal dan sehat adalah sebuah dambaan. Jika Anda seorang perempuan yang sedang menjalani program penurunan berat badan maka biasanya Anda akan melakukan beberapa cara. Olahraga adalah salah satu untuk dapat langsing dan bugar. Namun seringkali padatnya aktivitas pekerjaan menjadi penyebab Anda tak sempat olahraga di studio olahraga atau tempat fitness. Untuk pergi ke tempat fitness Anda juga harus meluangkan waktu dan biaya sendiri.

Olahraga di rumah menjadi salah satu solusi bagi Anda yang sibuk dengan urusan pekerjaan. Olahraga di rumah ini dapat menyesuaikan waktu luang Anda dan lama olahraga juga dapat Anda atur sendiri. Salah kaprah jika Anda menganggap bahwa mengerjakan pekerjaan rumah tangga itu termasuk bagian dari olahraga. Misalnya Anda membersihkan kamar, menyapu, mengepel dan mencuci pakaian sudah berkeringat dan cukup dengan itu. Serutin apapun pekerjaan rumah tangga yang dilakukan dan dapat membuat berkeringat, bukan dikategorikan sebagai olahraga. Tetap luangkan waktu untuk olahraga agar Anda memiliki tubuh yang bugar dan juga sehat. Sebenarnya ada 5 macam olahraga ringan yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

  1. Yoga Sederhana

Yoga tak selalu dilakukan di studio kebugaran atau harus dengan instruktur. Anda dapat melakukan yoga sederhana di rumah sendiri. Anda hanya memerlukan matras dan pakaian yang nyaman saja. Gerakan yoga jika dilihat sekilas hanya gerakan yang lemah dan tak bertenaga, namun ternyata mampu memberikan kekuatan dan melatih otot pada daerah tubuh yang diinginkan.

Gerakan sederhana seperti tree pose hanya berdiri dengan satu kaki ditekuk sementara kedua tangan berada di depan dada. Anda dapat menahan gerakkan ini selama 30 detik kemudian bergantian dengan kaki yang sebelahnya selama 30 detik.

  • Naik Turun Tangga

Jika rumah Anda memiliki dua lantai, Anda dapat memanfaatkan tangga sebagai alat untuk berolahraga. Naik turun tangga seperti gerakan berlari mampu melatih otot di bagian kaki.

  • Jogging

Tak perlu menggunakan treadmill untuk melakukan jogging karena Anda bisa memanfaatkan halaman di depan rumah atau ruang yang lapang di dalam rumah. Alternatif lainnya adalah dengan lari ditempat. Luangkan waktu setidaknya 15 hingga 30 menit untuk aktivitas ini. Jogging melatih jantung dan juga otot kaki.

  • Sit up

Gerakan ini sangat mudah dilakukan dan tak membutuhkan tempat yang begitu luas. Anda cukup menggelar matras dan melakukan gerakan ini di atasnya. Berbaringlah di atas matras dengan kaki ditekuk sementara telapak kaki menyentuk lantai, atau bisa juga dengan kaki lurus. Letakkan kedua tangan di depan atau lipat di atas dada dan dapat juga lipat di bagian belakang kepala. Angkat badan bagian atas hingga menyentuh lutut kemudian berbaring kembali. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang dan sesuaikan dengan kemampuan Anda. Sit up melatih otot di bagian perut.

  • Push up

Hampir sama dengan gerakan sit up, olahraga di dalam rumah ini tak membutuhkan tempat yang luas. Anda bisa menggelar matras sebagai alas Anda. Push up dapat melatih otot di bagin kaki, pantat dan perut. Lakukan selama 2X8 set agar tubuh kencang dan sehat.

Gerakan push awal diawali dengan posisi badan tidur tengkurap dengan tangan berada di sebalah kanan dan kiri badan. Dorong badan Anda ke atas dengan kekuatan tangan sehingga posisi juga sejajar lurus dari kepala hingga pantat. Dengan posisi tetap tegap kemudian turunkan badan hingga hampir menyentuh lantai namun posisi badan dan kaki tetap lurus.

Inilah 5 olahraga yang dapat Anda lakukan di rumah. Olahraga sederhana namun jika dilakukan secara rutin dapat membentuk tubuh menjadi ideal dan tentu saja selalu bugar. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan dan minum air putih lebih banyak setelah olahraga untuk menghindari dehidrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *